Monday, March 9, 2009











EXCEL



Excel adalah perisian gunaan hamparan data yang membolehkan pengguna memproses data-data berangka. Ia boleh dianggap sebagai buku lejar yang canggih. Pemprosesan data melalui hamparan ( Spreadsheet ) adalah lebih mudah dibandingkan buku lejar biasa. Antaranya ialah :




  • Sesuatu data boleh disusun secara kemas dan digunakan secara berulang-ulang tanpa menaip semula data yang sama.




  • Data yang sama juga boleh digunakan untuk pelbagai pengoperasian




  • Proses pengoperasian adalah tepat dan cepat



- Formula Bar adalah : tempat dimana kita menuliskan rumus formula, tapi harus diingat bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkan alamat cell / cell addressnya.



- Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau tanda tambah (+………).



• Name Box adalah : tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk oleh pointer.Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV)selanjutnya nomor baris (1-65536), sebagai contoh :→ cell B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B) baris ke-5



.Mengatur Gerak Cell PointerEnter : memindahkan cell pointer dari atas ke bawah



Shift Enter : memindahkan cell pointer dari bawah ke atasTab : memindahkan cell pointer dari kiri ke kanan



Shift Tab : memindahkan cell pointer dari kanan ke kiriPage Up : 1 layar ke atasPage down : 1 layar ke bawahCtrl End : menuju ke data yang paling akhir



Ctrl Home : menuju ke awal cell (A1)



Home : kembali ke kolom A pada baris yang sama



F5 : menuju ke cell tertentu do WorksheetMenyalin isi cellUntuk menyalin isi suatu cell ke cell-cell yang terletak pada bagian bawahnya dapat dilakukan dengan prosedur berikut ini



:⇒ Pilih blok yang akan disalin lalu letakkan kursor ┼ pada sebelah kanan bawah cell yang akan di-copy lalu ke daerah yang masih belum ada rumus formulanya.



Membuat judul di tengah tabel Untuk membuat judul di tengah tabel maka dilakukan langkah sebagai berikut ini :⇒ Ketik terlebih dahulu kata yang menjadi judul pada kolom yang paling pertama (A...). Blok kolom sampai ke kolom paling akhir tabel.


No comments:

Post a Comment